7 Dolanan Jadul yang Seru untuk Dimainkan Bareng Anak-anak Ketika Purbalingga Sedang Hujan

dolanan-bocah-purbalingga
dolanan-bocah-purbalingga

(sumber: ranselhitam.com)

DOLAN PURBALINGGA – Hujan semakin sering mengguyur Purbalingga. Terkadang hujan mengguyur di pagi, kadang siang hari, kadang hujan juga turun malam hari. Akhirnya kita jadi mudah terjebak para rasa mager alias malas gerak.

Buat kids zaman now, hujan sih nggak masalah. Sebab, mereka malah punya alasan untuk semakin asyik nge-game, nonton tivi, bermalas-malasan dan ogah main bareng teman sebayanya.

Eits, tetapi nggak perlu khawatir juga kalau anak-anak di Purbalingga ini ndekem neng ngumah. Mereka tetap bisa diajak bersosialisasi sambil bermain kon dengan teman-temannya.

Caranya? Dengan dolanan bocah! Ya, ajak mereka untuk bermain dolanan bocah tradisional di Purbalingga meski di dalam rumah.

Yuk simak permainan jaman dahulu yang hits banget di tahun 90-an yang bisa banget bikin anak-anak Purbalingga bisa main bareng teman-temannya walaupun di dalam rumah.

Pilih gambar jagoan yang akan selalu menang di tamplekan wayang.

Jenis mainan yang satu ini mantap banget! Bisa bikin pemenang permainan ini menjadi selayaknya pahlawan sing menangan banget. Ngomong-ngomong, siapa yang dulu rela telapak tanggannya merah demi menang tamplekan ya?

Kocok dadunya yang lama biar nggak nggelosor di ular tangga.

Aturan main permainan ular tangga ini memang sederhana banget. Tetapi bisa lama banget selesainya. Apalagi kalau angka di dadu nggak sesuai harapan dan tergelincir ular. Dan semua tertawa kalau ada peserta yang ketemu ular.

Ajak mereka melompati tali karet yang setinggi dada.

Lompat tali sudah pasti membuat anak-anak berkumpul. Baik anak-anak perempuan atau laku-laki bisa bermain bersama. Sebab, bukan jenis kelamin yang penting dalam permainan jadul ini, melainkan kelenturan badan dan kemampuan melompat. Hayo, ganu bisa mlumpat seduwur apa?

Ayo atur strategi yang keren saat dam-daman.

Permainan jadul 90’an ini mirip dengan catur. Hanya modal kapur dan batu kerikil, maka permainan seru bisa banget berlangsung lama. Meski cuma permainan bocah, dam-daman juga butuh strategi loh.

dolanan-bocah-purbalingga

(sumber: anakbawangsolo.org)

Awas, jangan sampai jadi ekor ular naga, bisa tertangkap.

Permainan ular naga sangat populer di Generasi 90’an. Karena permainan ini bisa dimainkan secara beramai-ramai. Kalau dulu sih anak-anak suka memainkan games ini di malam hari dengan menyanyi bersama-sama. Eits, hati-hati dengan gerbangnya ya.

Atur konsentrasinya biar berhasil pegang semuanya saat bikelan.

Ini adalah salah satu permainan jadul yang mengasah ketrampilan tangan dan juga konsentrasi. Dengan keahlian yang terasah, bisa banget tuh main sampai pernah berhenti. Heuheuheu

Menebak di tangan siapa si cublek-cublek suweng.

Cublek-cublek suweng menjadi permainan tebak-tebakan yang menyenangkan sekaligus menyebalkan. Apalagi kalau gagal terus saat menebak siapa yang menyembunyikan gacho. Dan yang paling asyik saat semua nyanyi “sir sir pong wedele gosong, sir sir pong dele gosong”.

Lah hayo, rika pada arep ngajak adine atawa anake dolanan apa wis? Mayuh share bareng-bareng Dolan Purbalingga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *