,

Enam Destinasi Event di Jateng Calendar of Events 2020, Jangan Sampai Terlewatkan!

desa wisata di purbalingga

DOLAN PURBALINGGA – Tahun 2020 semakin mendekat saja nih. Kalau sudah di posisi ujung tahun seperti ini, sudah pasti jangan sampai melewatkan update Top 100 National Calendar of Events 2020 di Indonesia.

Apalagi buat para traveller, ya. Calender of Event 2020 alias COE yang dirilis Kementrian Pariwisata yang dirilis setiap tahunnya ini jelas pantang banget terlewatkan. Bisa-bisa kudet agenda travelling kan.

Di tahun 2020, ada enam destinasi event di Jawa Tengah yang masuk ke Top 100 National Calendar of Events 2020 kali ini. Keren banget kan. Pengin tahu apa saja? Dolan Purbalingga bakal ulas buat Kanca Dolan.

Eh iya, sebagai informasi nih. Pada tahun Calendar of Events 2019, cuma ada lima destinasi event yang masuk. Nah, tahun 2020, sebenarnya Pemerintah Provinsi Jateng mengajukan 10 destinasi event, tapi cuma enam event yang masuk COE 2020.

BACA DONG: INI YANG DICARI GENERASI MILENIAL KETIKA MEMUTUSKAN UNTUK TRAVELING

Ok. Sekarang waktunya Dolan Purbalingga berbagi informasi tentang enam destinasi wisata yang menjadi bagian dari Jawa Tengah Calendar of Events 2020. Yuk simak.

Dieng Culture Festival (DCF)

Siapa yang nggak tahu Dieng Culture Festival (DCF) yang digelar di Kabupaten Banjarnegara ini. Setiap tahun, destinasi kece ini selalu dipadati oleh para traveller.

Event DCF yang digelar di Dataran Tinggi Dieng ini identik banget dengan ritual pemotongan rambul, Jazz di Atas Awan, pesta lampion dan kembang api, festival film dan berbagai sesi hits dan viral lainnya.

Pada tahun 2020 besok, Dieng Culture Festival bakal digelar pada beberapa destinasi wisata di Dieng Plateu Kabupaten Banjarnegara, 7-9 Agustus 2020. Jangan sampai lolos nih!

Festival Cheng Ho

Festival Cheng Ho ini jadi bagian dari perayaan peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo Tay Djien di Kota Semarang. Laksamana Cheng Ho datang di Semarang ratusan tahun lalu.

Di Festival yang penuh nuansa budaya Tionghoa ini ada atraksi wisata utama berupa kirab Patung Sam Poo Tay Djien dari Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok menuju Klenteng Sam Poo Kong di jalan Simongan Semarang.

Rencananya, Festival Cheng Ho bakal menghadirkan konsep kece di tahun 2020 mendatang. Festival Cheng Ho 2020 bakal digelar pada 17-18 Agustus 2020 di lokasi yang sama seperti tahun sebelumnya.

Festival Kota Lama

Salah satu festival yang nggak boleh dilewatkan ketika dolan-dolan ke Semarang adalah Festival Kota Lama Semarang. Festival tahunan ini kece dan instagramable banget loh.

Festival Kota Lama telah diadakan sejak tahun 2012 dan selalu mengusung tema Kuno Kini Nanti. Festival dengan ruh kebudayaan ini jadi salah satu cara jitu mewujudkan Kota Lama Semarang sebagai detinasi kelas dunia.

Dengar-dengar kabar, konsep Festival Kota Lama 2020 bakal keci banget loh. Festival yang sudah menjadi semacam “mesin waktu” ini bakal digelar di kawasan Kota Lama Semarang, 16-26 September 2020. Yuk!

Festival Payung Indonesia

Festival Payung Indonesia mengusung konsep yang kece dan milenial banget. Yakni Umbrella for Friendship and Peace. Nggak heran ya kalau festival tahunan ini selalu banyak menampilkan aksi kolaborasi nasional dan mancanegara.

Festival Payung Indonesia memampilkan karya maestro pengrajin payung, pameran lukisan payung, rajut payung kreatif, fashion wastra nusantara hingga bazar seni payung. Dan ada banyak instalasi dengan tema payung.

Festival Payung Indonesia 2020 bakal digelar di komplek Candi Prambanan, 4-6 September 2020 mendatang. Sayang banget nih melewatkan festival dengan nuansa etnik yang hits ini.

Borobudur Marathon

Ini dia salah destinasi event hits yang digelar di kawasan candi. Khususnya Candi Borobudur. Borobudur Marathon berusaha memberikan pengalaman baru bagi turis untuk menjelajahi Magelang dengan cara yang berbeda.

Destinasi wisata olahraga ini memang terkenal banget dengan daya dukung keakraban masyarakat Magelang, wisata kuliner, dan tentu saja eksotisme Candi Borobudur.

Borobudur Marathon 2020 bakal kembali digelar di kawasan Candi Borobudur. Rencananya, event olahraga level internasional ini akan dilaksanakan 15 November 2020. Minat nggak? Pastinya dong.

Solo International Performing Arts (SIPA)

Solo International Performing Arts (SIPA) jadi destinasi event terakhir yang nggak boleh dilewatkan ketika Kanca Dolan sedang membuat daftar liburan di tahun 2020 mendatang.

Apalagi kalau Kanca Dolan termasuk penyuka dunia seni. Solo International Performing Arts (SIPA) bakal kasih banyak inspirasi seni level dunia buat Kanca Dolan.

Event Solo International Performing Arts (SIPA) yang digelar sejak 2009 kemarin ini juga rencananya digelar di Benteng Vastenbrug, 10-12 September 2020. Yuk dolan ke SIPA Festival 2020.

BACA YUK: TAHUKAH KAMU DUA GARDU JAGA INI ADALAH SAKSI BISU ZAMAN KOLONIAL DI PURBALINGGA

Keren-keren kan referensi destinasi wisata event di Jawa Tengah untuk tahun 2020 besok kan. Makanya, ayuk buruan atur jadwal liburan ke event-event skala internasional ini.

Kalau nggak sempet main ke destinasi event yang ada di Jawa Tengah Calendar of Event 2020 sekaligus masuk Top 100 National Calendar of Events 2020, bisa kok liburan ke Purbalingga.

Ada banyak destinasi yang bisa Kanca Dolan kunjungi di Purbalingga. Butuh rekomendasi tempat wisata hits di Purbalingga? Boleh kok hubungi kami lewat kontak yang ada. Yuk, Dolan Purbalingga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *