Ayo Kenalan Sama Konsep Traveling “Staycation” yang Hits dan Manfaatnya Buat Kanca Dolan.

Hai, hai, hai Kanca Dolan. Aktivitas staycation sedang menjadi aktivitas wisata yang favorit bagi traveler milenial loh. Kanca dolan sudah staycation ke mana aja nih?


Staycation itu istilah yang berasl dari kata stay dan vacation. Tetap dan liburan. Tapi definisinya bukan “liburan terus” loh yah. Melainkan liburan yang dilakukan di kota atau negara sendiri.

Konsep liburan dekat dari rumah ini, kali pertama muncul pada tahun 2003 di Amerika Serikat. Namun baru mulai populer di antara traveler pada tahun 2010. Ada yang menyamakan aktivitas staycation ini dengan istilah holistay yang disingkat dari kata holiday dan stay.

Nah, konsep liburan staycation ini semakin populer di tengah pandemi Covid-19. Termasuk juga di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Aktivitas publik yang terbatas dan kebosanan yang akut di rumah, membuat staycation menjadi pilihan yang menarik.

Aktivitas staycation yang bisa Kanca Dolan lakukan di Purbalingga yakni seperti dolan ke destinasi wisata yang sudah buka, bersepeda keliling kota, piknik di taman kota, menginap di hotel atau villa atau bahkan menikmati event virtual. Banyak kok.

Intinya, staycation bisa menjadi inspirasi buat Kanca Dolan yang sudah sangat ingin menghilangkan penat, tetapi  masih waspada dengan penyebaran virus Covid-19, hanya memiliki waktu liburan yang singkat atau malah karena hanya punya bujet yang tipis.

Staycation nggak cuma bakal kasih momen quality time yang menyenangkan. Sebab staycation juga bakal memberikan banyak sekali manfaat uat Kanca Dolan loh.

1. Nggak Bikin Kantong Bolong.

Aktivitas staycation nggak membutuhkan banyak biaya. Sebab, prinsip utama staycation itu berlibur ke destinasi yang dekat dari rumah. Jadi, biaya menginap otomatis nggak perlu ada, karena pulang dan pergi dari rumah.

Selain itu, Kanca Dolan juga masih bisa menekan dan mengukut pengeluaran selama staycation. Terutama untu biaya transportasi dan belanja. Apalagi kalau staycationnya di rumah aja, pasti jauh lebih hemat lagi kan.

2. Nggak Perlu Takut Kelelahan di Jalan.

Karena konsep staycation adalah liburan ke tempat yang dekat dari rumah. Maka, Kanca Dolan nggak perlu khawatir kelelahan di perjalanan, ketika berwisata bersama keluarga atau teman-teman.

Dengan dolan ke destinasi wisata yang mudah dijangkau dari rumah bakal bikin Kanca Dolan bisa melepas penat dan stres secara maksimal. Bukannya malah membawa pulang lagi lelah dan pegal-pegal ke rumah, sementara jatah hari libur sudah habis.

3. Nggak Perlu Ribet Bikin Perencanaan.

Ini nih kelebihan dari konsep staycation. Kanca Dolan nggak perlu terlalu pusing membuat rencana liburan. Karena Kanca Dolan pasti akan dengan mudah memahami medan, mengukur waktu perjalanan dan budget, ketika destinasi yang dituju itu sudah dikenal Kanca Dolan.

Dengan melakukan staycation di destinasi wisata yang ada di kota sendiri dan dekat dari rumah, Kanca Dolan nggak perlu khawatir lagi dikejar-kejar jadwal traveling yang telah disusun.

4. Nggak Perlu Repot Packing Barang.

Ketika Kanca Dolan melakukan kativitas staycation, Kanca Dolan nggak perlu repot packing barang-barang. Sampai-sampai kesulitan barang mana saja yang perlu dibawa dan nggak perlu dibawa.

Staycation bikin Kanca Dolan cukup membawa barang-barang yang diperlukan. Karena memang mudah memprediksi apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu, Kanca Dolan akan lebih menikmati momen santai bersama keluarga di destinasi wisata terdekat yang belum pernah dikunjungi.

5. Mudah Membangun Kedekatan Keluarga.

Melakukan liburan dengan konsep staycation bisa membuat Kanca Dolan bisa lebih maksimal memanfaatkan waktu untuk mewujudkan family time impian. Bermain bersama keluarga di destinasi wisata hits bisa berdampak baik bagi kebersamaan.

Selain itu, staycation juga bisa membantu Kanca Dolan untuk kembali menjali silaturahmi dengan teman-teman dekat, yang sudah lama nggak dijumpai karena kesibukan masing-masing. Karena, staycation kan bisa juga dilakukan dengan silaturahmi ke rumah sahabat.

6. Menambah Pengalaman dan Teman Baru.

Aktivitas staycation bisa dilakukan sendirian. Solo traveler. Karena destinasi yang dituju relatif dekat dengan rumah, tentu saja nggak perlu terlalu khawatir ketika harus pergi sendirian. Bahkan, di perjalanan “me time” itu, Kanca Dolan bisa menambah pengalaman dan teman baru.

Yang penting, Kanca Dolan nggak usah ragu untuk membuka diri dengan lingkungan sekitar. Pasti Kanca Dolan bakal mendapatkan inspirasi dan cerita baru yang menarik.

7. Lebih Mengenali Lingkungan Kota Sendiri.

Aktivitas staycation bisa membawa Kanca Dolan untuk bisa menjelajahi dan mengenali kota sendiri lebih dekat. Mungkin kan selama ini Kanca Dolan terlalu sibuk dengan aktivitas pribadi, sehingga hanya sekadar melewati jalanan kota yang itu-itu saja.

Walaupun masih dalam satu kota, sangat mungkin Kanca Dolan belum menikmati banyak hal-hal yang menarik di kota sendiri. Mulai dari kafe baru yang sedang viral hingga destinasi wisata yang sedang ramai dikunjungi. Main ke tempat baru bisa mengurangi penat Kanca Dolan dengan singkat.

Baca Juga Dong: Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Berwisata ke Destinasi Hits Purbalingga di Tengah Pandemi Covid-19

Staycation memang bukan sekadar tren traveling. Tetapi juga bisa disebut sebagai solusi bagi jiwa-jiwa yang haus dolan, sembari membuang kebosanan setelah karantina beberapa bulan terakhir ini.

Selain itu, dengan melakukan staycation di kota sendiri, Kanca Dolan secara langsung bisa membantu toko, restoran, kafe dan penginapan mendapatkan keuntungan. Jadi, bisa membantu sesama juga kan?

Di Purbalingga, banyak sekali destinasi dan aktivitas yang bisa bikin momen staycation Kanca Dolan semakin menyenangkan lagi. Mulai dari destinasi wisata baru yang sedang viral, kafe yang sedang hits di Purbalingga hingga aktivitas bersepeda dan berlari bersama teman-teman komunitas.

Dan, Kanca Dolan jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yah, ketika berlibur. Biar Dolan Maning, Seneng Maning.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *