tugu jenderal soedirman purbalingga

Tugu yang Khas dan Bersejarah di Purbalingga

DOLAN PURBALINGGA – Sebagai sebuah kota, Kabupaten Purbalingga juga memiliki tetenger atau bahasa kerennya land mark. Salah satu penanda yang khas di Purbalingga itu adalah berupa tugu alias patung.

Purbalingga memiliki sejumlah tugu yang unik dan sudah pasti nggak ada di tempat lain. Tugu-tugu yang Purbalingga banget ini tersebar di sejumlah tempat.

Kali ini, Dolan Purbalingga bakal mengulas tugu-tugu yang Purbalingga banget. Tugu apa saja yah?

wisata purbalingga

sumber: arifsrabilor.blogspot.com

Sudah pasti adalah Tugu Knalpot yang gagah dan tiada duanya di dunia ini.

Tugu Knalpot Purbalingga ada di persimpangan Jalan Jenderal DI Panjaitan dan Jalan AW Sumarmo. Tugu ini memang mudah dikenali karena menampilkan lelaki berbadan kekar yang sedang membuat knalpot.

Tugu yang instagramable ini dibuat sebagai bentuk penghargaan para pengrajin knalpot. Iya, di Purbalingga ini memang ada pengrajin knalpot yang jumlanya sangat banyak.

kota hits purbalingga

sumber: skycrapercity.com

Tugu Jenderal Soedirman ini menjadi penanda Purbalingga adalah tempat lahir Sang Jenderal.

Tugu Jenderal Soedirman punya tinggi lebih dari 10 meter. Tugu itu menghadap ke arah selatan, berposisi berdiri dan berjubah. Kaki sebelah kanannya, terangkat dan diletakkan di atas batu. Benar-benar menyambut orang yang mau dolan Purbalingga.

Tugu Jenderal Soedirman yang berada di kawasan Segamas ini pernah roboh di tahun 2016. Tetapi sudah dibangun kembali dengan desain yang sama.

wisata sejarah purbalingga

sumber: totoendargosip.blogspot.com

Meski kecil dan tak banyak dikenal, Tugu Juang Blater memiliki makna yang luar biasa.

Tugu Juang Blater atau Tugu Joeang Blater dibangun atas gagasan Mangun Wiyoto, Kepala SD yang juga Panitia Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 15 di Tahun 1960.

Tugu Juang Blater ini dibangun sebagai peringatan atas pertempuran di Blater pada Kamis wage, 31 Djoeli 1947 yang bertepatan dengan 12 Ramadhan 1336 Hijriah. Tugu Juang Blater dulunya bersebelahan dengan rel kereta api.

land mark hits purbalingga
sumber: indoplaces.com

Bisa dibilang, Tugu Bancar ini adalah kembarannya Monumen Nasional alias Monas di Jakarta.

Tugu Bancar punya nama asli Tugu Peringatan Setengah Abad Hari Kebangunan Nasional. Ini karena tugu ini dibangun saat peringatan Setengah Abad Hari Kebangunan Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Hari Kebangkitan Nasional pada tahun 1958.

Tugu Bancar awalnya terletak di taman kecil pada simpang Kodim Purbalingga. Namun sekarang posisi Tugu Bancar ada di Taman Maerakaca Bancar.

wisata sejarah purbalingga
sumber: langgamlangitsore.blogspot.com

Seperti namanya, Tugu Lancip ini telah berdiri kokoh sebagai gerbangnya Bobotsari

Tugu berbentuk kerucut atau lancip itu merupakan tugu peringatan pembuatan jalan dari Bobotsari menuju Pemalang. Jalan itu dibangun sekitar tahun 1925 oleh Bupati Purbalingga Gondokusuma.

Tugu ada di Desa Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, persis di jalan raya Bobotsari – Pemalang. Karenanya, Tugu Lancip sempat digeser posisinya karena proses pelebaran jalan.

Ada tugu lain yang Purbalingga banget? Yuk share bareng Dolan Purbalingga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.