Sumanto2

Cerita Terbaru dari Sumanto yang Bikin Ketawa Ngakak

DOLAN PURBALINGGA – Harus diakui bahwa Sumanto adalah salah satu sosok yang membuat Purbalingga terkenal. Nggak cuma untuk terkenal di level nasional, malah sampai terkenal di seantero penjuru dunia.

Pria yang berasal dari Desa Palumutan, Kecamatan Kemangkon ini membuat dirinya dan Purbalingga dengan aksi geger memakan daging manusia pada tahun 2003 dulu. Alhasil, dia dikenal sebagai Si Kanibal Sumanto.

Nah, sejak keluar dari hukuman penjara tahun 2006, Sumanto tinggal di di Pondok Rehabilitasi Mental An-Nur di Desa Bungkanel, Karanganyar, Purbalingga. Pondok ini diasuh oleh KH Supono Mustajab.

Asal tahu saja, meski sudah bebas dari bui, Sumanto nggak langsung keluar loh. Sebab, nggak ada orang yang menampung dia. Sumanto memang diketahui sedang terganggu jiwanya. Terkadang seperti orang normal, namun seringkali sulit untuk dipahami.

Bahkan, Mbah Pono itu mengakui kalau Sumanto itu sosok yang menakutkan. Nggak hanya tingkah lakunya, baik fisik maupun sorot matanya pun tak lepas dari kesan menakutkan.

Eits, tapi, ternyata oh ternyata, di balik image-nya yang menakutkan itu, Sumanto juga punya tingkah polah yang bikin geget bahkan ngakak loh. Mau tau kayak apa polahnya? Ini dia polah Sumanto yang bikin senyum geli.

 

sumanto-kanibal-purbalingga
Sumanto itu perokok dan suka makan, karena itulah dia sering jajan ke warung terdekat (sumber: google.com).

Suka banget jajan di warung dan siomay

Sumanto itu masih sering ditempatkan pada kamar dan halaman yang terpagar. Tapi, nggak jarang doi minta jalan-jalan. Nah, kalau sedang diizinkan, ternyata Sumanto suka banget dolan ke warung dekat pondok.

Pernah suatu ketika, Sumanto itu datang ke warung, terus jajan satu bungkus besar kacang, satu bungkus besar roti kering, berbagai macam rokok. Totalnya, sampai Rp 600 ribu. Tapi ya gitu, Sumanto nggak mau bayar. Alhasil, yang ditagih ya Mbah Kyai Supono oleh si empunya warung.

Kejadian kayak gini nggak cuma sekali. Sumanto juga pernah beli siomay sampai empat piring. Endess! Eh, setelah kenyang Sumanto malah tidur di kamar, padahal ditunggu sama abang siomay. Ya akhirnya Mbah Kyai Pono yang bayar lagi deh.

 

sumanto-kanibal-purbalingga
Sumanto kerap mengisi pengajian bersam KH Supono. Salah satu pesannya tentang sodakoh (sumber: google.com)

Pesan saat tausiyah dan bayaran yang dijemur

Bersama KH Supono, Sumanto sering mengikuti pengajian di luar kota. Sering juga loh Sumanto diberikan kesempatan memberikan wejangan. Wejangannya juga konon sangat bagus.

Sumanto sering berpesan supaya jamaah pengajian rajin menyumbang untuk pembangunan masjid. “Sumbangan ya jangan Rp 2.000, kaya membayar orang kencing di terminal. Paling tidak ya Rp 20 ribu, syukur Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu,” gitu deh kira-kira pesannya.

Nah, yang bikin ketawa, setiap menerima honor, Sumanto nggak terlalu mikir. Malah pernah dia mencuri uang di dalam amplopnya. Uangnya sih dijemur, tapi habis itu Sumanto nggak peduli lagi. Sampai-sampai duitnya terbawa angin.

 

Sumanto sudah lama ingin menikah. Dia punya kriteria khusus istri idamannya (sumber tribunjogja.com)

Sosok istri idaman yang belum terwujud

Selayaknya pria lainnya, Sumanto yang pernah membuat geger Indonesia karena memakan daging manusia ini juga punya sosok istri idaman. Sumanto sedang gencar mencari pendamping hidup.

Kriterianya nggak neko-neko sih. Mulai dari wanita saleh, bisa mengurus anak dengan baik, nggak harus cantik dan yang paling penting adalah dia harus memiliki body seksi penyanyi dangdut Dewi Persik.

Karena Sumanto sering merengek kebelet kawin, Mbah Mustajab sering menawarkan kepada jamaahnya, siapa yang mau menjadi istri Sumanto. Namun hingga saat ini, belum ada yang mau menerima tantangan tersebut. Gimana, berminat? Hihihi.

 

sumanto-al-qurtuby
Sate adalah salah satu menu kuliner kesukaan Sumanto dari Purbalingga (sumber backpakerjakarta.com)

Hobi menyanyi dan cita-cita yang unik

Loh jangan salah, Sumanto itu memang hobi banget nyanyi kok. Saat dalam perjalanan atau melakukan aktifitas, dia senang nyanyi. Biasanya, dia nyanyi tembang-tembang jawa.

Kalau urusan cita-cita, selain segera menikah, Sumanto juga punya cita-cita yang unik banget. Ternyata, Sumanto punya cita-cita ingin makan sate. Wah, benar-benar simple yah.

Saking sukanya makan sate, Kyai Supono pernah bercerita kalau sekali makan sate Sumanto bisa menghabiskan 200 tusuk. Wah mantap banget ya.

Itulah beberapa kisah dari Sumanto yang dikenal sebagai kanibal dari Purbalingga. Mungkin nggak banyak yang tahu kan kalau ternyata Sumanto bisa punya polah seperti itu.

Eh, meskipun Sumanto juga salah satu inspirasi Program Stimulan Pemugaran Rumah Keluarga Miskin (PSPR Gakin) di era Triyono Budi Sasongko, tetap saja polah edan Sumanto jangan ditiru yah.

Lebih baik kan Dolan Purbalingga saja. Ya kan.

1 Comment

  1. Putra Purbalingga

    - 25 Oktober 2017

    “Karena Sumanto sering merengek kebelet kawin, Mbah Mustajab sering menawarkan kepada jamaahnya, siapa yang mau menjadi istri Sumanto. Namun hingga saat ini, belum ada yang mau menerima tantangan tersebut” Haha… Tantangan yang luar biasa berat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.