Festival Congot 2017

Jadwal Acara di Festival Congot, Perpaduan Adat dan Wisata!

DOLAN PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga bakal kembali diramaikan oleh festival di desa loh. Di Oktober 2017 ini, yang siap menggelar festival adalah Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon.

Yep, Purbalingga memang mulai banyak diramaikan festival. Ada Festival Gunung Slamet di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, ada juga Festival Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang.

Ada juga Grebeg Onje di Desa Onje, Kecamatan Mrebet plus ada Majapura Murub yang digelar di Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari dan festival-festival lainnya.

Nah, kali ini, Desa Kedungbenda dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga yang siap menggelar Festival Congot di 13-15 Oktober 2017. Festival yang satu ini akan mengawinkan adat istiadat dengan potensi wisata lokal di desa itu.

Eits, ada yang belum tahu lokasi Desa Kedungbenda? Wah kuper banget nih. Kedungbenda itu ada di bagian selatan Kecamatan Kemangkon. Persisnya di lokasi adanya Jembatan Linggamas.

Kalau sudah tahu lokasi Desa Kedungbenda, yuk kita simak jadwal acara Festival Congot yang dirilis lewat situsnya festivalcongot.com.

 

Jumat, 13 Oktober 2017

Pukul 20.00 WIB
777 Cahaya Senthir, Macanan dan Istighosah

Lampu rumah warga di sekitar Balai Desa Kedungbenda bakal dimatikan. Sebagai gantinya bakal ada 777 Senthir dinyalakan mengiringi prosesi Macanan. Setelahnya digelar Istighosah. Syahdu banget kan.

 

festival-di-purbalingga

Sabtu, 14 Oktober 2017

Pukul 08.00 WIB
Ruwat Bumi

Ruwat bumi berupa tumpeng sesaji yang dibawa dari lokasi cagar budaya Lingga Yoni menuju pelataran Balai Desa Kedungbenda untuk diritualkan. Berbarengan dengan itu, sesaji sedekah Klawing dibawa dari Kampung Nelayan diiringi kesenian Daeng/Aplang.

Pukul 09.00 WIB
Parade Perahu, Sedekah Klawing dan Tebar Benih Ikan

Usai prosesi ruwat bumi, sesaji Sedekah Klawing dibawa ke dermaga belakang balai desa, diarak dengan parade perahu hias sembari menebar benih ikan menuju bawah Jembatan Linggamas untuk dilarung hingga ke Congot. Ada juga hiburan rakyat berupa lengger Desa Kedungbenda mewarnai ritual di Panggung Pinggir Kali.

Pukul 10.00 WIB
Sarapan Kupat Landan, Pesta Canthor dan Coffee Adventure

Ratusan Ketupat Landan dengan lauk serba ikan kali dan Pesta Canthor disediakan di lokasi Susur Sungai Klawing. Tersedia puluhan tenda Coffee Adventure.

Pukul 13.00 WIB
Hiburan Rakyat

Pementasan Ebeg asal Desa Kedungbenda di pelataran lokasi Susur Sungai Klawing.

Pukul 20.00 WIB
Pentas Wayang Kulit

Pementasan wayang kulit di pelataran Balai Desa Kedungbenda.

 

pit-pitan-maring-congot

Minggu, 15 Oktober 2017

Pukul 07.00 WIB
Pit-pitan Maring Congot

Bersepeda dari Alun-alun menuju menuju Desa Kedungbenda tepatnya di lokasi Susur Sungai Klawing. Tersedia banyak hadiah. Dan bisa diikuti secara gratis!

Pukul 09.00 WIB
Tanam Pohon

Menanam pohon di bantaran Sungai Klawing dekat Jembatan Linggamas.

Pukul 09.30 WIB
Panggung Pinggir Kali

Pentas musik reggae dan pop di Panggung Pinggir Kali di lokasi Susur Sungai Klawing sembari membagi doorprize bagi peserta Pit-Pitan maring Congot.

Nah, seru kan Festival Congot yang digelar di Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon. Makanya, kamu jangan sampai nggak dolan ke sana yah? Dolan Kedungbenda yuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.